Rabu, 28 Juni 2017

WASPADALAH. Pastikan Hanya Konsumsi Es Batu Berkualitas Jika Tak Ingin Alami Ini

Baca Juga


Es batu banyak dipilih untuk menjadi campuran membuat segelas es segar. Bagi yang membuat sendiri es batu di rumah, tentu bukan masalah besar. Karena, pembuatnya tentu sudah memastikan kualitas dan kebersihan air yang digunakan untuk membuat es batu.

Namun, bagaimana dengan segelas es yang dicampur es batu yang dijual bebas. Mulai sekarang berhati-hatilah. Karena, kita tak pernah tahu apakah dalam proses pembuatan es batu dilakukan dengan menjamin kebersihan dan kesehatan atau tidak.

Nah, sebagai informasi, simak dulu tiga hal penting yang bisa membahayakan kesehatan jika kita tak hati-hati dalam mengonsumsi es batu.

Bakteri

Sejak Safe Drinking Water Act pada 1974, Environmental Protection Agency (EPA) sudah memastikan bahwa air yang bersih adalah air yang tak mengandung bakteri patogen.

Namun, es batu tak bisa dijamin bebas dari bakteri patogen tersebut.


Menurut Dr. Pritish Tosh, peneliti di Mayo Clinic menjelaskan bahwa kita perlu waspada saat memesan minuman dingin yang menggunakan es batu di suatu restoran.

Sebab biasanya penyimpanannya tak menjamin es batu aman dari kontaminasi bahan-bahan lainnya, termasuk daging mentah yang tentunya mengandung banyak bakteri kotor.

Jamur

Martin Bucknavage dari Department of Food Science di Pennsylvania State University menjelaskan bahwa salah satu yang mengkontaminasi es batu adalah jamur yang menempel pada mesin es.

Suhu dingin setiap saat memang mengurangi risiko tumbuhnya jamur.

Namun, jamur akan semakin menjadi bila mesin dimatikan dan dalam suhu normal.

Nah, jika memang ingin mematikan mesin es, pastikan bersihkan dulu sebelum akan memakainya kembali.

Kotoran dari Tangan

Tak ada yang bisa menjamin es batu yang ada di minuman kita bebas dari kotoran yang berasal dari tangan.

Debra Huffman, mikrobiologis dari University of South Florida menjelaskan bahwa ada kasus di mana remaja laki-laki berumur 15 tahun yang meninggal karena kontaminasi kotoran pada es yang disebabkan karena tidak ada kebiasaan mencuci tangan.

Menurut Dr. Tosh dan Bucknavage, sistem imun kita masih bisa menangkal serangan penyakit yang berisiko ditularkan melalui es batu dalam minuman dingin kita.

Namun, masih ada risiko adanya virus mematikan yang bisa ditularkan lewat es batu, Jadi, lebih baik biasakan untuk hidup sehat serta konsumsi makanan dan minuman yang bersih, ya! (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Nova.grid.id dengan judul : Tak Disangka! 3 Hal Menjijikan dan Timbulkan Penyakit Ini Ada Pada Es Batu\

sumber : BATAM.TRIBUNNEWS.COM

Related Posts

WASPADALAH. Pastikan Hanya Konsumsi Es Batu Berkualitas Jika Tak Ingin Alami Ini
4/ 5
Oleh